Jumat, 05 November 2010

Keunggulan dan Kelemahan Televisi

Keunggulan programatis lebih menyangkut pada aspek isi yang disajikan:
1. menyangkut isi dan bentuk, media televisi, walaupun direkayasa mampu membedakan fakta dan fiksi.
2. menyangkut hubungan dengan khalayaknya, media televisi mempunyai khalayak yang tetap, memerlukan keterlibatan tanpa perhatian sepenuhnya dan intim
3. media televise memiliki tokoh berwatak baik riil maupun direkayasa sementara media lain (khususnya film) hanya memiliki bintang yang direkayasa.

Keunggulan teknologis lebih mengacu pada aspek kemampuan teknologi televisi:
1. mampu menjangkau wilayah yang sangat luas
2. mampu menciptakan suasana yang bersamaan diberbagai wilayah jangkauannya
3. mampu melakukan interaksi secara langsung.

Kelemahan programatis:
1. kecenderungan televisi untuk menempatkan khalayaknya sebagai obyek pasif penerima pesan.
2. media televisi juga mendorong proses alih nilai dan pengetahuan yang cepa tanpa mempertimbangkan perbedaan tingkat perkembangan budaya dan peradaban yang ada diberbagai wilayah jangkauannya.
3. media televisi bersifat sangat terbuka dan sulit di kontrol dampak negatifnya karena kekuatan media ini mampu menyita waktu dan perhatian khalayaknya untuk meninggalkan aktivitasnya yang lain pada waktu bersamaan.
4. cepatnya perkembangan teknologi penyiaran televisi bergerak mendahului perkembangan masyarakat dan budaya khalayaknya diberbagai eilayah yang berbeda. Ini gilirannya melahirkan pro kontra tentang implikasi kultural dari negara-negara asing yang bebas menayangkan acara-acara yang dianggap bertentangan dengan budaya lokal dari suatu masyarakat.

Kelemahan televisi yang bersifat teknologis; atau yang tidak bisa dilepaskan dari beberapa sifat fisik medium televisi :
1. medium yang hanya berfungsi apabila ada tenaga listrik
2. medium yang mengutamakan efek gerak sehingga menyita perhatian khalayak secara khas; medium televisi adalah medium audio visual yang memadukan audio dan visual secara sinkron dan mendorong khalayak pemirsanya untuk terkonsentrasi ke layar kaca.
3. medium televisi mengutamakan visual dan close up dan indiovidual, karena sebagian terbesar (kecuali HDTV) pesawat televisi itu kecil.
4. media televisi bukan media yang menyampaikan pesan secara rinci.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar