Minggu, 08 Juli 2012

PENGERTIAN DAN FUNGSI PUBLIC RELATIONS

A. PENGERTIAN PUBLIC RELATIONS

Banyak penulis yang mendefinisikan apa pengertian dari Public Relations (PR), salah satunya Scoot M. Cultip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom menyatakan dalam edisi keenam buku Effective Public Relations, bahwa, “PR adalah fungsi manajemen yang mengidentifikasi, menetapkan, dan memelihara hubungan saling menguntungkan antara organisasi dengan segala lapisan masyarakat yang menentukan keberhasilan atau kegagalan public relations.” (1)

PR juga merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari kegiatan usaha atau bisnis. Edward L. Berneys dalam bukunya Public Relations menyatakan bahwa PR mempunyai tiga macam arti, yaitu :
1. Memberi informasi kepada masyarakat
2. Persuasi yang dimaksudkan untuk mengubah sikap dan tingkah laku masyarakat terhadap lembaga, demi kepentingan dua belah pihak;
3. Usaha untuk mengintegrasikan sikap dan perbuatan antara lembaga dengan sikap atau perbuatan masyarakat dan sebaliknya.


B. FUNGSI PUBLIC RELATIONS

Public Relations (PR) adalah satu sub bidang Ilmu Komunikasi, kendati secara praktis, komunikasi adalah backbone (tulang punggung) kegiatan PR. Konsep lainnya dari PR adalah sebagai “jembatan” antara perusahaan atau organisasi dengan publiknya, terutama tercapainnya mutual understanding (saling pengertian) antara perusahaan dengan publiknya. (2)

Bertrand R. Canfield dalam bukunya Public Relations, Principles and Problem mengemukakan tiga fungsi public relations yakni (3):
1. Mengabdi kepada kepentingan umum
2. Memelihara komunikasi yang baik
3. Menitik-beratkan moral dan tingkah laku yang baik.

Public relations harus mengabdi kepada kepentingan umum. Adalah benar bahwa PRO diangkat diberi upah oleh manajer, akan tetapi tugasnya dan pekerjaannya ialah melayani publik, kepentingan umum. PR diadakan oleh manager untuk membantu organisasi mencapai tujuannya. Tugasnya kedalam membina hubungan yang harmonis antara manager beserta stafnya dengan para karyawan; mengusahakan agar para karyawan bekerja dengan senang dan merasa puas; meneliti perasaan dan kesulitan dan keinginan para karyawan. Tugasnya keluar membina hubungan yang harmonis antara organisasi dengan publik ekstern, memperkenalkan produksi, meningkatkan jumlah langganan dan sebagainya.

Public Relations adalah perantara antara pimpinan organisasi dengan publik, baik publik intern maupun publik ekstern. Dalam melaksanakan komunikasi dan dalam rangka melayani publik, PRO dan para petugasnya biasanya menempati ruangan yang letaknya strategis sebagai kantornya. Ini untuk memudahkan komunikasi, selain komunikasi vertikal dan horisontal, juga komunikasi eksternal.
Salah satu tugas public relations ialah sebagai sumber informasi (source of information) dan sebagai saluran informasi (channel of information). Untuk itu PRO mengadakan sebuah information desk umtuk melayani publik, baik para karyawan maupun orang-orang luar. (4)

Dapat dikatakan PR terlibat dan bersifat integratif dalam manajemen organisasi tempat ia bekerja. Hal itu merupakan satu bagian dari satu napas yang sama dalam organisasi tersebut. Dia harus memberi identitas organisasinya dengan tepat dan benar serta mampu mengkomunikasikannya sehingga publik menaruh kepercayaan dan mempunyai pengertian yang jelas dan benar terhadap organisasi tersebut. Dengan demikian pihak lain mau dan tertarik dengan senang hati, serta merasa puas membangun relasi maupun menggunakan produk dan jasanya. (5)

daftar pustaka :
1. Cultip, Scoot M., Allen Center dan Glen M. Broom. 2000. Effective Public Relations. New Jersey: Prentice Hall International.
2. Ardianto, E., 2009, Public Relations Praktis, Cetakan I, Widya Padjajaran, Bandung.
3. Bertrand R. Canfield, Public Relations, Principles and Problem, dikutip oleh Roland E. Wolseley & Laurence R. Campbell, Third Editions, Exploring Journalism, Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, N.J., 1959, hal. 468
4. Effendy, O.C., 1993, Human Relations dan Public Relations, Cetakan III, Mandar Maju, Bandung.
5. Rumanti, M.A., 2005, Dasar-dasar Public Relations Teori dan Praktik, Cetakan III, Grasindo, Jakarta.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar