Kamis, 30 Desember 2010

MENGENAL PUBLISITAS DAN PERANANNYA DALAM PUBLIC RELATIONS

TUGAS PERIKLANAN DAN PUBLISITAS
MENGENAL PUBLISITAS DAN PERANANNYA DALAM
PUBLIC RELATIONS



DISUSUN OLEH:
Ayu Chandrawati
D1609011
PUBLIC RELATIONS 2009
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA
2010


PENGERTIAN PUBLISITAS

Publisitas adalah penempatan berupa, tulisan, foto, atau tayangan visual yang sarat nilai berita baik karena luar biasa, penting, atau mengandung unsur-unsur emosional, kemanusiaan, dan humor) secara gratis dan bertujuan untuk memusatkan perhatian terhadap suatu tempat, orang, orang, atau suatu institusi yang biasanya dilakukan melalui penerbitan umum.

Lawrence & Dennis L. Wilcox (pakar dari San Jose State University) juga menyatakan publisitas sebagai informasi yang tidak perlu membayar ruang-ruang, namun disaat yang sama tidak dapat dikontrol oleh individu/ perusahaan yang memberikan, sebagai akibatnya informasi dapat mengakibatkan terbentuknya dan mempengaruhi orang banyak dan dapat berakibat aksi - dimana aksi ini dapat menguntungkan atau merugikan saat informasi dipublikasikan.

Bentuk-bentuk publikasi

Berita rutin: pengumuman, pertemuan, konferensi, pameran seni, pelatihan singkat, pernyataan perusahaan mengenai akusisi, peruahan, atau pembagian personel.
Artikel panjang/ liputan mendalam (features): aktivitas sosial perusahaan, upaya perusahaan yang menunjukkan kepedulian terhadap permasalahan sosial. Artikel/ liputan ini biasanya berkaitan dengan wacana yang akan digulirkan oleh organisasi untuk memperoleh tanggapan dan mendorong mengeuarkan tertentu.


CONTOH KEGIATAN MENGENAI PUBLISITAS
Program Asuransi Kesehatan di Indonesia
Di Indonesia dan pada umumnya tidak mengganti biaya-biaya pemeliharaan pesehatan seperti check up kesehatan atau pembelian vitamin. Yang biasanya diganti adalah biaya-biaya Perawatan dan Pengobatan.
Asuransi Kesehatan adalah asuransi yang memberikan penggantian Biaya Kesehatan. Jangan salah, yang termasuk Biaya Kesehatan sebetulnya ada tiga:
1. Pemeliharaan Kesehatan, seperti check up kesehatan, pembelian makanan kesehatan maupun vitamin.
2. Perawatan, yaitu apabila Anda mengalami sakit, sehingga harus mengeluarkan uang untuk dokter atau rawat inap di RS, serta operasi (Rawat inap, Rawat Jalan, Operasi).
3. Pengobatan, yaitu apabila Anda mengalami sakit dan harus membeli obat.


Ada program Asuransi Kesehatan yang menawarkan satu penggantian saja, seperti Penyakit Kritis saja. Ada juga yang mengganti biaya Rawat Inap atau Obat saja, tetapi ada juga yang lengkap dengan penggantian apabila Anda mengalami operasi. Banyak sekali variasinya.
Biasanya sendiri dibayar setahun sekali. Premi tersebut biasanya juga disesuaikan dengan umur Anda. Semakin tua umur Anda, semakin mahal premi yang harus Anda bayar. Ini wajar, semakin tua umur seseorang, semakin besar statistiknya Anda mengalami gangguan kesehatan dan harus dirawat karena sakit. Akibatnya, bila Anda baru ikut Asuransi Kesehatan pada umur 65 tahun, misalnya, biasanya Perusahaan Asuransi akan menolak keikutsertaan Anda. Ini karena risiko yang harus dia tanggung besar sekali. Beda dengan kalau Anda masih berumur 25 tahun, misalnya. Padahal, Anda membutuhkan Asuransi Kesehatan untuk mengganti biaya-biaya Anda apabila Anda sakit.

Penolakan keikutsertaan pada umur-umur 50-60 tahun oleh perusahaan asuransi, bisa diantisipasi dengan mengikuti program asuransi kesehatan sejak umur yang masih dini. Sebab biasanya, bila Anda sudah menjadi langganan dari sebuah perusahaan asuransi bertahun-tahun lamanya, maka bila Anda sudah memasuki umur-umur tertentu (55, 60, atau 65 — bervariasi di setiap perusahaan asuransi), perusahaan asuransi biasanya masih akan tetap mengganti biaya-biaya kesehatan apabila Anda sakit. Kenapa? Ini karena perusahaan asuransi sudah `mengenal’ Anda selama bertahun-tahun. Perusahaan tersebut sudah mengetahui `riwayat klaim’ Anda sehingga mereka bisa `menghitung’ apakah keikut-sertaan Anda memang `merugikan’ mereka atau tidak. Dan hal ini hanya bisa dilakukan bila Anda mengikuti program Asuransi Kesehatan mulai sekarang, yaitu sejak Anda belum pensiun atau belum memasuki usia-usia yang menjadi batas keikutsertaan sebuah program asuransi kesehatan. Untuk mengetahui umur maksimal keikutsertaan sebuah Program Asuransi Kesehatan, Anda bisa menanyakannya ke Perusahaan Asuransi Anda.

Sebagai contoh, Perusahaan Asuransi mengatakan bahwa umur maksimal keikutsertaan program Asuransi Kesehatan mereka adalah pada umur 60 tahun. berarti, umur Anda maksimal harus 60 tahun bila ingin mengikuti program Asuransi Kesehatan mereka. Tetapi bila Anda mengikuti program tersebut sejak sekarang (umur 35, misalnya), maka setelah bertahun-tahun, biasanya Anda tetap akan diperbolehkan untuk terus mengikuti program Asuransi Kesehatan mereka sampai berumur 70 atau 80 tahun. Konsekuensinya, tentu saja, makin tua umur Anda, makin mahal pula premi yang harus Anda bayar.
Perlu diketahui bahwa tidak semua perusahaan asuransi menerapkan kebijakan yang sama. Cara yang paling mudah bagi Anda adalah dengan bertanya terlebih dahulu kepada mereka. Nah setelah anda mengethu informasi mengenai asuransi kesehatan di atas, apakah Anda sudah menentukan asuransi kesehatan yang terbaik bagi Anda dan keluarga?




Berikut beberapa daftar perusahaan asuransi kesehatan yang ada di Indonesia
1. Asuransi Kesehatan ASKES
2. Asuransi Kesehatan Jamsostek
3. Asuransi Kesehatan Asabri
4. Asuransi Kesehatan Jamkesmas
5. Asuransi kesehatan Prudential
6. Asuransi kesehatan Sinar Mas
7. Asuransi kesehatan Manulife
8. Asuransi Kesehatan Syariah
9. Asuransi Kesehatan AXA
10. Asuransi Kesehatan Takaful
11 Asuransi Kesehatan Allianz
dll

MENGAPA PUBLIC RELATIONS PERLU MELAKUKAN PUBLISITAS?

Publisitas merupakan bagian terpenting dalam PR, hal ini Karena Publisitas bertujuan untuk menciptakan minat pada orang, produk, ide, organisasi, atau pendirian usaha secara umum melalui generasi dan penempatan cerita yang menguntungkan di media berita seperti koran, majalah, radio TV, dan.
Tidak seperti iklan yang bergantung pada daya beli untuk mendapatkan pesan di seberang, publisitas hanya mengandalkan kualitas konten untuk membujuk orang lain untuk mendapatkan pesan keluar. publisitas yang baik membantu jurnalis menemukan dan melaporkan berita yang sah yang penting untuk audiens mereka. Siapapun bisa membeli ruang iklan tetapi tidak sembarang orang bisa mendapatkan rasa hormat dari media untuk membangun kampanye PR yang efektif.


Alat utama publisitas adalah press release, atau rilis berita.
Bagaimana menulis siaran pers dan mengelola kampanye PR yang efektif
Sebuah bagian yang sangat penting dari setiap program PR adalah mendapatkan liputan pers. Langkah pertama dalam mendapatkan perhatian media adalah untuk membangun dan membangun sebuah database dari kontak pers dan editor jurnal industri, majalah, dan publikasi perdagangan. Memelihara hubungan dengan kontak-kontak ini pers sangat penting. Seringkali kontak tekan akan memberitahu Anda tentang yang akan datang fitur dalam publikasi mereka dan meminta Anda untuk mengirimkan bahan-bahan seperti siaran pers dan artikel. Jenis hubungan kerja adalah penting karena seringkali dapat mengakibatkan liputan pers bahwa uang tidak bisa membeli. Untuk biaya sepotong kop surat, foto, amplop, dan stempel Anda mungkin bisa mendapatkan eksposur yang lebih besar daripada apa yang Anda bisa dapatkan dari ribuan dolar iklan.

Hal ini sama pentingnya untuk menulis siaran pers yang efektif dan mengirim mereka keluar ke kontak media secara teratur. Seperti iklan atau jenis komunikasi pemasaran, menciptakan sebuah headline-grabbing perhatian yang mengkristal informasi dalam satu kalimat biasanya membuat perbedaan antara siaran pers yang akan dibaca dan salah satu yang akan melemparkan ke dalam keranjang sampah kertas. Setelah Anda telah menangkap perhatian dengan headline yang efektif, Anda perlu untuk mendapatkan titik utama langsung (menggambarkan "yang", "apa", "ketika", "dimana", "mengapa", dan "bagaimana") dan kemudian memberikan detail lebih dalam turun dalam siaran pers. Setelah Anda sudah menetapkan fakta bahwa informasi yang relevan dengan pembaca (biasanya seorang editor atau produser), maka mereka akan membaca rincian untuk mempelajari dan menentukan apakah atau tidak melepaskan Anda layak dari mereka menutupi.
Meskipun biasanya editor akan mengedit informasi sesuai dengan kebutuhan mereka, menulis siaran pers yang efektif adalah langkah yang sangat penting dalam memperoleh publisitas. Hari-hari ini, siaran pers video juga menjadi populer, tetapi tidak ada pengganti belum untuk mencoba-dan-benar rilis berita yang ditulis.

Beberapa contoh publikasi melalui penerbitan press release


Menulis artikel fitur
Anda juga harus mempertimbangkan menulis artikel Anda sendiri dan mengirimkannya ke editor sehingga mereka dapat menerbitkan artikel (s) dalam publikasi mereka. Ini adalah taktik PR yang sangat efektif yang tidak hanya membantu orang lain mengidentifikasi Anda sebagai seorang ahli di bidang Anda, tetapi barang tersebut juga berfungsi untuk mengedukasi pasar Anda, meningkatkan visibilitas perusahaan Anda, dan mungkin cara terbaik untuk mencari pelanggan baru untuk Anda bisnis.

Fitur artikel dengan bio singkat pada akhirnya membangun kredibilitas penulis sebagai seorang profesional dan mempromosikan bisnis.
Ketika Anda menulis artikel fitur, pastikan isinya sesuai dengan kemiringan editorial publikasi dan adat-artikel khusus untuk pembaca publikasi. Juga, tidak pernah mengirimkan artikel ke lebih dari satu publikasi industri pada suatu waktu. Kebanyakan publikasi memerlukan bahan eksklusif dan jika artikel tersebut berhasil mendapatkan diterbitkan oleh lebih dari satu publikasi yang kompetitif, Anda mungkin baru saja membakar jembatan dengan editor dari publikasi. Kadang-kadang, bagaimanapun, publikasi akan memungkinkan Anda untuk mempertahankan hak cipta atas artikel dan akan mencetak artikel tentang "waktu satu hak cetak ulang" dasar yang kemudian akan memungkinkan Anda untuk mengirimkannya ke media lainnya mengenai persyaratan yang sama. Pastikan Anda tahu aturan publikasi pertama dan meminta Pedoman Penulis sebelum Anda mulai.

Sebuah artikel yang ditulis dan diserahkan kepada sebuah jurnal perdagangan yang kemudian diterbitkan. Sering kali Anda akan dapat memiliki biografi singkat atau informasi bagian kontak pada akhir artikel. Ini adalah alat yang berguna yang dapat bertindak sebagai "iklan mini".
Dikenal sebagai sumber informasi dalam industri Anda
Setelah Anda mulai menjadi dikenal sebagai ahli subjek dan sumber informasi industri, penulis dapat memilih untuk mewawancarai Anda untuk latar belakang cerita atau bahkan fitur perusahaan Anda atau produk Anda dengan menulis editorial mereka sendiri tentang Anda. Dalam kasus tersebut, penulis atau editor akan menghubungi Anda dan meminta Anda untuk memberikan informasi atau latar belakang untuk artikel ini. Mendapatkan disebutkan atau dikutip dalam artikel industri besar dapat menjadi dorongan besar untuk Anda dan bisnis Anda. Hal ini sangat diinginkan untuk editor dan penulis untuk menghubungi Anda untuk mendapatkan informasi untuk artikel yang mereka tulis dan ketika mereka melakukannya, itu adalah tanda pasti bahwa kampanye PR yang efektif. Dalam kasus ini penting untuk bekerja dengan editor untuk memberikan informasi yang akurat sebanyak mungkin.

Sumber data :
Google.com
Blog yang berisi artikel yang bersumber dari Merancang program pensiun Oleh Safir Senduk
Mengantisipasi Risiko

6 komentar:

  1. Hi there! I just wanted to ask if you ever have any problems with hackers?

    My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months of hard work due
    to no back up. Do you have any solutions to prevent hackers?


    my page - jamaica all inclusive

    BalasHapus
    Balasan
    1. hello.. Iam sorry I too late to reply your coment. so far I know your blog can opene again with check up your email which u have to login or register. if ure not open your email, its make ure blog cant open again. realy sorry i cant help mu. just try to make own blog again.. ok..good luck

      Hapus
  2. You are so awesome! I don't suppose I have read through a single thing like that before. So wonderful to discover somebody with some unique thoughts on this subject. Really.. thanks for starting this up. This site is something that's needed on the
    internet, someone with some originality!

    Here is my blog post: cruise ship jobs

    BalasHapus
  3. makasih ya artikel nya, bagus, sangat membantu, follow balik ya,

    Http://share-ilmupengetahuan.blogspot.com

    BalasHapus