Sabtu, 06 November 2010

FUNGSI ORGANISASI

Organisasi mempunyai beberapa fungsi, yaitu :
1. Memenuhi Kebutuhan Pokok Organisasi
Setiap organisasi mempunyai kebutuhan pokok masing-masing dalam rangka memenuhi kelangsungan hidup oraganisasi tersebut. Contohnya gedung sebagai tempat beroperasinya organisasi, modal untuk biaya pekerja dan penyediaan barang menth. Apalagi kalau organisasi tersebut lebih kompleks banyak kebutuhan organisasi yang perlu dipenuhi.
2. Mengembangkan Tugas dan Tanggung Jawab
Setiap organisasi mempunyai macam-macam standar etis tertentu. Berarti bahwa organisasi harus hidup sesuai engan standar yang telah ditetapkan oleh organisasi maupun standar masyarakat sekitar organisasi tersebut. Misalnya pada masyarakt kecil yang mempunyai perusahaan besar bias any perusahaan itu bertanggung jawab terhadap kesejahteraan ekonomi masyarakat. Selain adanya tanggung jawab yang karena adanya standar yang peru diikuti adapula tanggung jawab yang diberikan oleh undang-undang. Misalna organisasi berupa suatu pabrik maka ada undang-undang jangan membuat polusi udara/polusi lingkungan.
3. Memproduksi Barang/Jasa
Fungsi utama organisasi adalah memproduksi barang/orang sesuai dengan jenis organisasinya. Setiap organisasi mempunyai produksinya masing-masing. Misalnya organisasi tekstil memproduksi tekstil yang mungkin bermaca-macam jenis dan coraknya.
4. Mempengaruhi dan dipengaruhi
Organisasi digerakkan oleh manusia. Manusia yang membimbing, mengelola, mengarahkan, dan menyebabkan pertumbuhan organisasi. Manusia yang memberikan ide-ide baru,program baru dan arah yang baru.


FUNGSI PESAN DALAM ORGANISASI

• Menurut Khan dan Katz ada empat fungsi dari pesan dalm organisasi yaitu : yang berkenaan dengan produksi, pemeliharaan, penerimaan, dan pengelolaan organisasi.
• Menurut Redding, mengemukaan bahwa ada 3 alasan pengiriman pesan yaitu : pelaksnaan tugas-tugas dalm organisasi, untuk pemeliharaan dan untuk kemanusiaan.
• Menurut Thayer, fungsi pesan dalam organisasi adalah untuk memberi informasi, membujuk, memerintah dan memberi instruksi dan mengintegrasikan organisai.
• Menurut Berlo, mengatakan bahwa fungsi utama dari pesan dalam organisasi adalah untuk produksi/agar supaya tugas-tugas organisasi dilakukan, untuk inovasi/untuk menyelidiki alternative dari tingkah laku yang baru bagi organisasi dan untuk pemeliharaan/untuk menjaga system dan komponennya tetap berjalan lancer.
• Menurut Greenbaumn, mengemukaan pendapatnya bahwa fungsi pesan adalah untuk mengatur, untuk melakukan pembaruan, integrasi, memberiakn informasi dan instruksi.


FUNGSI KOMUNIKASI NON VERBAL

Meskipun komunikasi verbal dan non verbal berbeda dalam banyak hal namun kedua bentuk komunikasi itu seringkali bekerja sama. Komunikasi non verbal ini mempunyai fungsi tertentu dalam proses komunikasi verbal. Fungsi utamanya adalah sebagai pengulangan, pelengkap, pengganti, memberikan penekanan dan memberdayakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar