Sabtu, 06 November 2010

FUNGSI KOMUNIKASI

Komunikasi dipandang dalam arti yang lebih luas yaitu komunikasi sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar menukar data, fakta, dan ide. Maka fungsi komunikasi dalam setiap system social adalah :
• Informasi, pengumpulan, penyimpanan, pemrosesan, penyebaran berita, data, gambar, fakta, pesan, opini, dan komentar yang dibutuhkan agar dapat dimengerti dan beraksi secara jelas terhadap kondisi dan lingkungan.
• Sosialisasi (pemasyarakatan), penyediaan sumber ilmu pengetahuan yang memungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakat yang efektif. Sehingga sadar akan fungsi sosialnya dan dapat aktif di dalam masyarakat.
• Motivasi, menjelaskan tujuan setiap masyarakat , mendorang orang menentukan pilihan dan keinginannya, mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasarkan tujuan bersama yang akan dikejar.
• Perdebatan dan diskusi, menyediakan dan saling menukar fakta yang diperlukan untuk memungkinkan persetujuan/menyelesaikan perbedaan pendapat mengenai masalh publik
• Pendidikan, pengalihan ilmu pengetahuan dapat mendorang perkembangan intelektual, pembentukan watak, serta membentuk keterampilan dan kemahiran yang diperlukan pada semua bidang kehidupan.
• Memajukan kehidupan, menyebarkan hasil kebudayaan dan seni dengan maksud melestarikan warisan masa lalu, mengembangkan kebudayaan dengan memperluas horizon seseorang, serta membangun imajinasi dam mendorong kreativitas dan kebutuhan estetiknya.
• Hiburan, penyebarluasan sinyal, symbol, suara, dan imajinasi dari drama, tari, kesenian, kesusastraan, musik, olahraga, kesenangan, kelompok , dan individu.
• Integrasi, menyediakan bagi bangsa, kelompok, dan individu kesempatan untuk memperoleh berbagai pesan yang mereka perlukan agar mereka dapat saling kenal dan mengerti serta menghargai kondisi pandangan dan keinginan orang lain.

Menurut Mudjito dalam Teknik komunikasi menyatakan bahwa fungsi Komunikasi itu adalah :
1. Komunikasi merupakan alat suatu organisasi sehingga seluruh kegiatan organisasi itu dapat diorganisasikan (dipersatukan) untuk mencapai tujuan tertentu.
2. Komunikasi merupakan alat untuk mengubah perilaku para anggota dalam suatu organisasi.
3. Komunikasi adalah alat agar informasi dapat disampaikan kepada seluruh anggota organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar